VISI
Menjadi lembaga pendidikan dan penelitian sejarah yang unggul bertaraf internasional berdasarkan Pancasila

MISI
1. Menjadikan sejarah sebagai ilmu yang memiliki kontribusi nyata dalam memahami berbagai persoalan masyarakat dan bangsa.
2. Mengembangkan tradisi keilmuan sejarah kritis yang mengikuti perkembangan mutakhir dalam teori dan metodologi sejarah.
3. Menyelenggarakan perkuliahan yang memanfaatkan perkembangan teknologi.
4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas keilmuan yang kuat dan moralitas yang tinggi.

TUJUAN
1. Menjadi prodi unggulan di Indonesia dan mampu bersaing di tingkat regional maupun internasional.
2. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian sejarah yang mengutamakan obyektivitas sejarah, etika akademis dan kaidah-kaidah ilmiah dalam historiografi modern.
3. Mempertahankan kekuatan, karakteristik dan kepeloporan dalam pengembangan historiografi Indonesiasentris dan metodologi mutakhir.
4. Menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu menghadapi tantangan profesional secara mandiri.
5. Mendorong masyarakat umum memiliki kesadaran sejarah yang luas dan kritis.

SASARAN
1. Terselenggaranya pembelajaran berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada mahasiswa.
2. Terselenggaranya kegiatan-kegiatan pembelajaran pendukung yang terencana dan berkelanjutan.
3. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersinergi dengan proses pembelajaran.
4. Tercapainya sistem penjaminan mutu akademik yang akuntabel.
5. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memahami permasalahan-permasalahan kekinian dengan perspektif sejarah.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN
1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berstandar nasional dan internasional.
2. Menyelenggarakan kuliah dalam bahasa Inggeris dan mengundang dosen-dosen asing bereputasi internasional
3. Melakukan benchmarking dengan prodi sejarah di Universitas yang memiliki reputasi dunia.
4. Mewajibkan penggunaan sumber primer didalam penelitian sejarah, pencegahan plagiarisme dan penerapan konsep dan metodologi yang mutakhir.
5. Menerapkan kurikulum pembelajaran yang berbasis pada tradisi penulisan historiografi Indonesiasentris dan penerapan teori dan metodologi sejarah yang mutakhir.
6. Mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan merekonstruksi sejarah ke dalam bentuk karya akademis dalam berbagai media.
7. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersinergi dengan proses pembelajaran

sejarah